`

Prediksi Keputusan Hakim Pada Kasus Jessica Kumala Wongso

Prediksi Keputusan Hakim Pada Kasus Jessica Kumala Wongso

Jessica Kumala Wongso boleh saja merekrut sederet penasihat hukum yang tergabung menjadi suatu tim pengacara, dan melalui tim kuasa hukumnya itu boleh saja merekrut sejumlah saksi ahli untuk usaha pembebasan dirinya, tetapi sejauh mana itu akan berhasil? Mari kita melakukan analisa gaya awam.

Minggu, 7 Feberuari 2016 dilakukan reka adegan atau rekonstruksi kasus tewasnya I Wayan Mirna Salihin. Sumber reka adegan, atau patokan adegan demi adegan yang harus diikuti, adalah rekaman CCTV di Cafe Olivier.

Apa yang dilakukan oleh Jessica ketika itu? Dia menolak terhadap reka adegan yang diarahkan oleh polisi, dan memilih melakukan reka adegan versinya sendiri. Belakangan publik tahu bahwa ini adalah kebohongannya yang fatal yang tidak sesuai dengan hasil rekaman CCTV. Adapun rekaman CCTV itu sendiri dipublikasikan secara transparan dalam persidangan demi persidangan.

Kebohongan Jessica ini tentu saja menjadi salah-satu catatan majelis hakim. Kebohongan yang terbukti secara faktual, bukan bersumber dari persaksian.

Berdasarkan sejumlah persaksian, dikatakan bahwa Jessica banyak melakukan kebohongan. Dan bila itu dianggap sebagai informasi berderajat tambahan, maka cukuplah kebohongan Jessica saat rekonstruksi sebagai kartu as yang berbentuk petunjuk.

Selanjutnya drama persidangan berlangsung panjang dan alot. Kepada publik sangat telak disuguhkan tontonan adu domba para saksi ahli dimana tim kuasa hukum sebagai inisiatornya. Tertangkap kesan yang kuat bahwa tim kuasa hukum Jessica ingin menggoyang keyakinan majelis hakim dan publik. Tapi apakah misi mereka akan berhasil? Tunggu dulu.

Jangankan hakim, bahkan banyak di antara kaum awampun yang sama-sekali tidak terpengaruh oleh strategi tim kuasa hukum ini. Bahkan beberapa segmen kaum awam akhirnya memandang persidangan demi persidangan sudah bukan lagi sekedar sebuah proses peradilan, tetapi juga sebagai peristiwa kebudayaan. Ya, ibarat sebuah sajian rangkap, proses peradilan sekaligus peristiwa kebudayaan.

Publik sebenarnya banyak yang enjoy karena ada sedemikian banyak ilmu atau wawasan baru yang bisa diserap. Empati publik terhadap korban dan keluarganya sedemikian melimpah. Hal ini nampak pada fakta-fakta yang bertebaran di jejaring sosial.

Dari sini sebenarnya sudah bisa diprediksi apa yang nanti akan diputuskan hakim. Andai dengan sejumlah pertimbangan dia lolos dari vonis hukuman mati, maka jeruji besi tetap menantinya untuk jangka waktu yang lama. Dua puluh tahunkah atau seumur hidup?

Ini prediksi penulis sebagai pihak awam ya, dan kita lihat saja nanti seberapa jauh akurasinya.

Andaipun Jessica tidak dihukum mati, dan hanya dipenjara, maka ini tetaplah kemenangan bagi keluarga korban. Dan bagi peradilan Indonesia ini adalah bagian dari proses pembelajaran tanpa henti.

Di atas ini semua Tuhan tidak tidur. Pada gilirannya nanti Dia yang akan menegakkan keadilan setegak-tegaknya. Ucapan 'Tuhan tidak tidur' adalah hal yang juga berkali-kali disampaikan oleh ibunda Jessica, yaitu Imelda Wongso. Dan andaikata diperadilan Tuhan nanti ternyata Jessica memang bersalah, maka itulah hal yang seadil-adilnya.

Catatan : Jauh sebelum tim kuasa hukum Jessica berkomentar soal tudingan pada sejumlah kejanggal perilaku kliennya, penulis telah menulis opini yang berjudul Mengapa Diklaim Banyak Kejanggalan Pada Kasus Kopi Bersianida?.

Iklan Ini Bukan Bagian Dari Artikel

5 komentar

tidak ada satu bukti dan saksi yg melihat jessika menaruh racun, semua gerak gerik jessika mereka tahu dan ingat kecuali menaruh racun. termasuk cctv tidak memperlihatkan hal tsb. seandainya pun jesika adalah pelakunya, say yakin jesika akan bebas karena tdk terbuktikan

semua saksi mengaku melihat semua gerak-gerik jessika tp tdk ada yg melihat jessika menaruh racun. rekaman cctv juga tidak ada memperlihatkan jessika menaruh racun. 70 menit mirna meninggal tidak ada sianida di lambungnya. 3 hari pasca kematiannya baru ada sianida dalam jumlah kecil..... putusan tidak bisa berdasarkan pendapat tetapi bukti dan saksi. sy yakin terlepas jessika pelaku atau bukan tetapi dia akan bebas

Bisa, bisa saja prediksi anda yang terjadi.

Kasus ini sebentar lagi akan berakhir di palu hakim. Dalam bulan ini konon sudah akan ada keputusan.

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.

Iklan

Lowongan Kerja

Hot Info

Hot Info

Kontes seo nahwa travel

Hot Info

Kontes SEO terbaru MelamineMall.com

Hot Info

Kontes SEO Gloria

Hot Info

NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN

Hot Info

asport

Hot Info

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Arsip