Mengatasi DHCP Server Error : namaserver.mshome.net

Mengatasi DHCP Server Error - DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.

Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

Ketika kita membuat DHCP Server, maka secara default akan muncul menu dengan link namaserver.namadomain. Nama server itu pada dasarnya adalah sama dengan nama komputer atau computer name, adapun nama domain adalah yang di-create ketika active directory dibuat. Masalah bisa timbul ketika nilai default itu tidak muncul, dan sebagai penggantinya adalah namaserver.mshome.net.

Ketika yang muncul adalah namaserver.mshome.net, maka dampak buruknya adalah komputer-komputer klien tidak bisa joint domain. Ujung-ujungnya secara keseluruhan konsep active directory yang akan diterapkan tidak bisa berfungsi.

Apabila kita googling, maka banyak ditemukan artikel-artikel yang membahas cara mengentaskan problem ini, mulai dari yang rumit hingga yang simpel. Di antara yang simpel adalah yang akan dipaparkan di bawah ini.

Lakukan navigasi dengan urutan berikut :

Mengatasi DHCP Server Error

Lakukan editing pada file hosts.ics yang identik dengan gambar berikut :

Mengatasi DHCP Server Error

192.168.137.1 adalah static ip yang digunakan oleh server kami, dengan demikian anda bisa menyesuaikan dengan setingan di server anda. 

pkbl.krasobi.com adalah namaserver.namadomain yang digunakan pada DHCP kami, dengan demikian anda juga bisa menyesuaikannya.


No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.