Serulah Manusia Ke Jalan Tuhanmu Dengan Hikmah


"Serulah (manusia) ke jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik . Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. ( surah An-Nahl : 125)

"Berjihadlah melawan orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka." (QS. At-Taubah: 73)

Demikianlah, ayat pertama bertendensi pada lemah-lembut. Adapun ayat kedua bertendensi pada tegas-keras.

Seingatku ini pelajaran ketika seorang muslim menginjak remaja. Lalu tinjauan ayatnya adalah utuh, tidak diambil sebagian. Hanya lunaknya saja atau kerasnya saja.

Hanya saja seingatku juga, rasulullah berdakwah sangat banyak mengambil porsi lunak. Porsi kerasnya hanyalah saat membela diri ketika jiwa terancam.

Stigma kafir dan munafik datangnya dari Allah, kaum muslimin hanya mengikuti saja. Apa yang Allah firmankan maka itu yang kaum muslimin ucapkan. Bahkan di Indonesia istilah kafir telah diperlunak menjadi non muslim.

Aku sendiri tidak suka mengumbar tuduhan kafir karena merasa belum baik dalam ber-Islam. Jika sembarangan menuduh kafir, siapa tahu malah berbalik pada diri sendiri.

(Andaikata ke-Islam-an seseorang sudah baik, maka ia tentu akan lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan istilah kafir ini.)

Oh ya, istilah kafir itu punya definisi tersendiri berdasarkan terminologi Islam dan tidak dikenal dalam keyakinan non Islam. Jadi tidak bisa sembarangan dalam mengartikannya, apalagi hanya menebak-nebak berdasarkan selera pribadi.

Begitulah, terkadang ada non muslim yang dengan seenaknya menguraikan makna kafir. Tentu saja dengan pengetahuan yang jauh dari memadai. Sehingga kesannya justru protes atau provokasi.

Bila sembarangan mengartikan, maka pintu yang tertutup saja bisa dikatakan kafir. Misalnya dalam kalimat ini :

"Waduh pintunya kafir, pak. Saya lupa membawa kuncinya pula."

Kalau sudah begitu kan jadi terlihat banget begonya. Padahal saya saja sudah bego, ini lebih bego lagi. Ngak ngak ngak! :D

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: