Kamis, 21 Juli 2016

Resep Masakan Sunda Tradisional Ulukutek Leunca

Resep Masakan Sunda Tradisional Ulukutek Leunca


Ulukutek leunca adalah kuliner Sunda tradisional yang bisa jadi telah ada sejak berabad-abad yang lalu bila dilihat dari cara memasaknya yang sangat sederhana. Meskipun sederhana, tetapi sangat nikmat dan sehat.

Leunca adalah istilah Sunda untuk menyebut terung gelatik. Meskipun demikian, nama aslinya tetap dipertahankan, tidak lantas Ulukutek Leunca diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Bahan-bahan :

  1. 100 gram leunca
  2. 1 buah oncom merah
  3. Garam secukupnya
  4. Minyak goreng secukupnya
  5. 100 ml air matang
  6. 2 genggam daun kemangi

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 buah cabe merah besar
  4. 3 buah cabe keriting
  5. 1 ruas jari kencur

Bumbu yang diiris :

  1. 1 ikat bawang daun

Cara Memasak :

  1. Potong-potong oncom merah menjadi potongan kecil. Lalu sangrai sampai berubah warna sedikit mengering.  Angkat dan pisahkan.
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan. Masak hingga berbau harum kemudian masukan leunca, tambahkan sedikit air dan garam. Masak hingga tekstur lencana menjadi lunak.
  3. Terakhir masukan oncom yang telah di sangrai, irisan bawang daun, dan kemangi. Aduk jadi satu masak hingga air menyusut, angkat dan sajikan.

Selanjutnya : Resep Segelas Kopi Yang Sensasional



Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Resep Masakan Sunda Tradisional Ulukutek Leunca, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.