Aksi Damai 411 yang Sangat Indah dan Fenomenal

Aksi Damai 411 yang Sangat Indah dan Fenomenal

Akan digelar Parade Bhinneka Tunggal Ika pada 19 November 2016. Lalu apa hubungannya dengan Aksi Damai 411?

Aksi Damai 411 membawa pesan moral kira-kira seperti ini : Kami tersakiti, kami kecewa, kami marah, tetapi kami datang dengan damai. Kamipun peduli pada Bhineka Tunggal Ika.

Parade Bhineka Tunggal Ika membawa pesan moral kira-kira seperti ini : Mari kita menenangkan diri. Lihat, betapa kaya-rayanya kebudayaan Indonesia!

Dua-duanya menurut saya sangat indah. Dan bila ditanya apa hubungannya, paling-paling saya akan menjawab bahwa kedua-duanya dilaksanakan pada waktu yang berdekatan. Itu saja.

Dalam kehidupan, pro dan kontra sudah biasa hadir sebagai dinamika. Tentunya termasuk pula pada Aksi Damai 411. Walaupun sangat banyak pihak yang memuji Aksi tersebut yang memang berlangsung damai secara umum.

Protes terhadap Aksi Damai 411 terkadang datang berupa pernyataan yang sangat halus. Bukan pernyataan sebenarnya, tapi lebih bersifat sindiran. Kira-kira seperti ini bunyinya :

-- Tuhan dan agama tidak perlu dibela oleh manusia, tapi manusialah yang pantas dibela oleh Tuhan dan agama --

Saudaraku, jika itu diucapkan oleh non muslim, saya maklum. Tetapi jika diucapkan oleh sesama muslim, maka saya agak bingung jadinya.

Di dunia ini kita mengenal apa yang disebut sunatullah atau hukum sebab-akibat. Tanpa itu di dunia tidak akan ada input - proses - hasil.

Ketika Allah berkehendak membela diri-NYA dan agama-NYA, maka sunatullah itu juga yang akan berlaku. Dia tiupkan ghirah pada qalbu hamba-hamba-NYA, maka bergeraklah para manusia yang tergerak hatinya. Bergerak dalam bentuk apapun yang relevan dan syar'i.

Yang umum digunakan dalam proses sunatullah itu oleh Allah adalah manusia, karena secara logis yang bersentuhan langsung dengan rasa keagamaan adalah manusia. Namun bukan berarti Allah tidak mampu mengirimkan makhluk non manusia.

Jadi intinya, ketika manusia bergerak secara massal dalam aktivitas apapun yang relevan dan syar'í, termasuk dalam Aksi Damai 411, maka pada hakikatnya Allah-lah yang sedang membela diri-NYA dan agama-NYA. Manusia hanyalah instrumen yang digerakkan oleh-NYA.

Iya, halo pak, halo bu. Neng Dian Neng Asih sekian terima kasih.

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.