Persaingan Sengit Antara Google dengan Facebook

Persaingan Sengit Antara Google dengan Facebook - Google telah mengakuisisi lebih dari 100 perusahaan dalam 10 tahun terakhir. Search engine terbesar ini memiliki hampir segala-galanya untuk disebut sempurna. Beberapa saja di antaranya adalah :

Search Engine atau Mesin Pencari


Ini adalah harta Google yang pertama dan paling mudah dikenal. Keterkenalannya bahkan telah melahirkan istilah baru untuk aktivitas pencarian. Cukup sering tentunya kita mendengar ucapan senada ini : "Ok, saya mau Googling dulu, "Cari saja di Google!", "Coba saja Googling", dan sebagainya.

Apakah search engine merupakan harta sekaligus modal Google yang paling profit? Entahlah, tapi yang jelas Google telah memulai semuanya dari search engine ini.

Youtube


Youtube adalah gudang movie online terbesar dan terpopuler saat ini. Google, membeli YouTube dengan harga US$1.65 miliar. Pembelian YouTube dilakukan Google pada November 2006.

Google kemudian mengembangkan YouTube secara unik, dan tidak diresapkan ke dalam aplikasi video yang sebelumnya telah dimiliki Google, yaitu Google Video. Sekarang, YouTube digunakan Google sebagai pelengkap (subsidiary), yang juga menjadi aplikasi tambahan di tiap ponsel berbasis Android.

Blogspot


Brand yang satu ini juga sangat ternama. Terutama di kalangan webmaster atau blogmaster. Setidak-tidaknya mereka memiliki sebuah blog yang berplatform Blogspot. Ciri umum dari platform yang satu ini adalah kecepatan.

Blogspot pertama kali diperkenalkan oleh Pyra labs pada tanggal 23 Agustus 1999 sebagai salah-satu perangkat blog pertama di dunia.  Blogspot juga berperan sebagai salah-satu perangkat yang mempopulerkan format blog ke seluruh dunia.

Pada tahun 2003 Google mengakuisisi Blogspot dan menjadikannya sebagai anak perusahaan. Setelah diakuisisi oleh Google, fitur-fitur blogspot yang sebelumnya premium semuanya digratiskan hingga saat ini.

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, blogspot hanya digunakan sebagai catatan harian online yang hanya menyimpan data-data pribadi atau keseharian saja, namun sekarang ini banyak digunakan sebagai media informasi, mencari banyak teman ataupun mencari uang dengan cara pasang iklan, toko online, jual EBook, ataupun dengan cara lainnya.

Blogspot menjadi sedemikian banyak digunakan sebagai media informasi terlebih setelah disematkannya fitur Custom Domain. Dengan fitur ini blogspot bisa diakses dengan domain sendiri.

Persaingan dengan Facebook


Terkait persaingan dengan Facebook, terjadi pada hal sejenis, yakni Social Media. Google memang memiliki sebuah Social Media yaitu Google Plus. Fitur-fiturnya juga mirip seperti berbagi postingan, status, upload gambar, dan upload video. Pengguna juga bisa membuat grup dan halaman. Tentu dengan penamaan yang berbeda antara Facebook dengan Google Plus.

Persaingan ini dapat dikatakan sengit karena meskipun secara sepintas Facebook lebih populer dan aktif, tapi dari sisi jumlah pengguna bisa jadi seimbang.

Persaingan Sengit Antara Google dengan Facebook


Akhir-akhir ini persaingan melebar karena Facebook juga giat dalam program periklanan. Dan iklan-iklan tersebut langsung dipasang di ruang Facebook itu sendiri, beda dengan Google Adsense yang memerlukan website atau blog sebagai media. Atau iklan-iklan yang dipasang menggunakan jasa Google Adsense juga sering ditampilkan di search engine dan Youtube.

Dari sisi Social Media, Facebook jelas mengungguli Google Plus, tetapi dari sisi pemasangan iklan dapat dikatakan Google tetap unggul.

Facebook saat ini sedang giat menawarkan kerja sama dengan pengguna dalam bentuk aplikasi. Melalui aplikasi itulah ditampilkan iklan demi iklan yang penghasilannya dibagi ke publisher. Uniknya, aplikasi tersebut berada di Google Play Store yang notabene milik Google.

Persaingan Sengit Antara Google dengan Facebook

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments:

Terima kasih bila anda berkenan berkomentar secara relevan.
Dan tunggu kunjungan balik saya ke situs anda.