Minggu, 22 November 2015

Template Berkualitas Hasil Rancangan Anda Sendiri - Bagian Pertama

Template berkualitas termasuk unsur yang menentukan kualitas akhir dari sebuah blog. Hal ini dapat dipahami karena pada template itulah kelak kita akan melakukan apa yang disebut SEO Onpage. Dan tentu jauh lebih menyenangkan apabila template tersebut adalah hasil rancangan anda sendiri.  Tentu saja untuk mampu membuat atau merancang suatu template berkualitas dibutuhkan perhatian khusus. Tentang cara-cara pembuatannya telah saya awali pada tiga bagian tulisan terdahulu yang berjudul Cara Membuat Sendiri Template Blogger Yang Berkualitas.


Pada tiga tulisan terdahulu itu sesungguhnya saya baru menjelaskan sampai pada tahap perancangan kulit templatenya saja, belum sampai kepada dagingnya.  Dan mulai dari artikel yang sedang anda baca ini kita akan mulai merancang dagingnya dimaksud. 

Begitulah, jadi intinya artikel yang sedang anda baca ini adalah kelanjutan dari artikel-artikel saya yang telah disebut di atas. Sekarang mari kita mulai.

Silahkan anda mereview sebentar pada artikel saya yang berjudul Cara membuat Sendiri Tempale Blogger Yang Berkualitas - Bagian Ketiga. Dan bila sudah selesai maka cari sebuah kode pada rancangan template yang telah anda buat berdasarkan panduan di artikel yang bersangkutan. Kode tersebut adalah :

<b:section class='main' id='main' showaddelement='yes'/>

Hapus dan ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini :





Simpan Template dan lihat hasilnya dengan cara klik Lihat Blog.

Kini saatnya anda menulis artikel untuk yang pertama kali pada blog yang sedang anda pergunakan mengikuti tutorial ini.


Anda akan mendapati tampilan posting yang belum memuaskan. Dan menurut para blogger lainnya belum atau kurang SEO friendly. Untuk memperbaiki tampilannya kita membutuhkan beberapa css tambahan. Sedangkan agar lebih SEO friendly maka perlu dilakukan beberapa modifikasi. Mereka tidak mengada-ada. Ketika saya menerapkannya, trafik organik saya meningkat.

Kita mulai dengan upaya meningkatkan SEO friendly terlebih dahulu. Silahkan anda cari kode ini :


<b:includable id='post' var='post'>

Di bawah kode itu temukan kode ini :

 <a expr:name='data:post.id'/>
    <b:if cond='data:post.title'>

      <h3 class='post-title entry-title' itemprop='name'>

      <b:if cond='data:post.link or (data:post.url and data:blog.url != data:post.url)'>
        <a expr:href='data:post.link ? data:post.link : data:post.url'><data:post.title/></a>
      <b:else/>
        <data:post.title/>
      </b:if>
      </h3>
    </b:if>

Hapus saja seluruh kode yang saya beri warna merah itu dengan kode ini :





Untuk sementara saya tidak akan menjelaskan dulu mengapa perubahan tersebut bisa meningkatkan SEO, dan apa itu SEO?

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Template Berkualitas Hasil Rancangan Anda Sendiri - Bagian Pertama, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.