Rabu, 04 Januari 2017

Seimbanglah dalam Berdakwah, Agar Umat Tidak Terlena

Seimbanglah dalam Berdakwah, Agar Umat Tidak Terlena


"Ya Allah, barang siapa memiliki hak mengatur suatu urusan umatku, lalu ia memberatkan/menyusahkan mereka, maka beratkan/susahkan dia; dan barang siapa memiliki hak mengatur suatu urusan umatku, lalu ia memperhatikan urusan mereka dengan baik, maka perlakukanlah dia dengan baik." (HR. Muslim (1828) & Ahmad)

Hadits ini cocok bagi mereka yang terlalu asyik dibelai oleh kesejukan dakwah amar ma'ruf, yang karenanya sangat alergi terhadap gerakan panas nahi munkar.

Selembut apapun hati rasulullah, beliau tidak berdoá agar para pemimpin dzalim diampuni melainkan dibalas.

Semoga anda yang terbiasa berdakwah lewat media sosial bersikap seimbang, jangan hanya meninabobokan umat dengan yang lembut-lembut saja, sementara yang tegas tidak pernah diangkat.

Bukankah kelembutan tidak identik dengan serba lemah? Seimbanglah, lembutnya didakwahkan, tegasnya juga disampaikan!

Saya menitipkan hal ini kepada para pendakwah, karena secara kapasitas saya bukanlah seorang da'i. Ilmu saya belum cukup untuk jadi penceramah keislaman. Terkecuali sesekali saja lewat tulisan, itupun untuk topik yang umum.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Seimbanglah dalam Berdakwah, Agar Umat Tidak Terlena, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.