Minggu, 22 September 2019

Login Multi User yang Aman PHP MySql

   
Login Multi User yang Aman PHP MySql - Salah-satu hal yang menjadi konsen para programmer adalah keamanan login ketika membangun aplikasi berbasis web. Keamanan dimaksud adalah dari brute force attack, sql injection, session hijacking, network snipping, dan cross site scripting.

Artikel dari Kontakmedia kali ini adalah tentang salah-satu cara membuat atau membangun login multi user yang aman menggunakan PHP dan MySQL. Pada prakteknya nanti, kita akan menggunakan XAMPP yang menggunakan database MariaDB. Platform database MariaDB ini identik dengan MySQL.

Persiapan

Yang perlu dipersiapkan adalah sebuah komputer yang telah diinstalasikan Xampp. Disarankan untuk Xampp yang masih menggunakan PHP 5, tetapi tidak masalah bila ingin menggunakan PHP 7.

Penulis menggunakan Xampp yang menggunakan PHP 5.6.40 karena masih kompatibel dengan Dreamweaver CS6. Jadi bagi yang tidak menggunakan Dreamweaver versi tersebut, tentu dapat menggunakan PHP 7.

Dalam langkah persiapan ini, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Di dalam folder htdocs Xampp buat folder baru dengan nama MyWeb.

Pembuatan Database

Buat database baru dengan nama MyWeb.



Buat tabel dengan nama Users di database MyWeb.



Buat tabel Users_Log pada database MyWeb. Fungsinya untuk menangkal; Brute Force Attach



Masukkan data pada tabel Users



Pembuatan Script PHP

Di dalam folder MyWeb buat folder baru dengan nama Conf. Pada folder Conf ini kita isi dengan tiga script yaitu conn.php, library.php, dan classlogin.php

Script conn.php


Script library.php


Script classlogin.php










Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Login Multi User yang Aman PHP MySql, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda