Selasa, 01 September 2020

Fungsi SEO Pada Sebuah Website

   
Fungsi SEO Pada Sebuah Website - SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang dapat diartikan kurang lebih sebagai : Optimalisasi pada mesin pencari.

Benda yang dioptimalisasi pada mesin pencari adalah website, atau bisa pula blog. Tujuan dari optimalisasi tersebut adalah agar konten dari website atau blog tersebut mudah ditemukan saat seseorang menggunakan mesin pencari atau search engina. Dengan kata lain, Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Jadi pada dasarnya tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Mesin pencari yang paling populer saat ini adalah Google, dengan demikian Google-lah yang paling banyak digunakan saat kita mencari suatu postingan berdasarkan kata kunci tertentu. Pada kolom pencarian kita ketik suatu kata kunci, maka beberapa saat kemudian Google akan menampilkan hasilnya.

Anggap saja kita memasukkan kata kunci "ponsel terbaik termurah", maka ada sedemikian banyak postingan yang menggunakan kata kunci tersebut dengan berbagai variasinya. Postingan-postingan tersebut akan muncul dengan berurutan, dimulai dari yang paling top. Maka sejatinya SEO adalah salah-satu cara untuk bisa berada di posisi top tersebut.

Di atas saya katakan sebagai salah-satu cara saja, karena memang ada cara lain yang justru lebih ampuh, yaitu menggunakan website yang telah populer. Gampangnya, bila ada website populer yang mwnggunakan kata kunci "ponsel terbaik termurah" dalam salah-satu postingan atau artikelnya, maka itu berpotensi besar untuk muncul pada urutan teratas di hasil pencarian.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Fungsi SEO Pada Sebuah Website, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.