Cara Mencegah Serangan Jingling Auto Visitor


Kali ini saya berbagi tips tentang cara mencegah serangan Jingling auto visitor.

Ancaman Jingling belum sirna sama sekali, masih ada saja blog yang jadi korbannya. Ya jelas-jelas korban karena trafik luarbiasa tinggi yang diterimanya adalah jauh dari kewajaran.

Beruntung bahwa pencegahan Jingling itu tidak susah, cukup dengan melakukan setting di robots.txt.

Sudah banyak blogger yang memberikan tutorial tentang cara mencegah Jingling ini, namun rata-rata terlalu Google Minded. File robots.txt, pada tutorial mereka, hanya mengijinkan satu jenis saja yaitu Googlebot. Artinya yang bisa merayapi situs hanya Google, yang lain diblok.

Tapi sebenarnya tidak apa-apa juga jika memang hanya Googlebot yang dikehendaki untuk meng-crawler situs anda.

Pada tutorial saya kali ini sedikit berbeda. Tidak hanya Googlebot yang diijinkan tetapi juga bot yang lain seperti milik Bing dan Yahoo.

Untuk melakukan setting robots.txt ini silahkan melakukan urutan kerja seperti ini :

Login Blogger >> Pilih Blog mana yang akan disetting bila anda memiliki banyak blog >> Klik Setelan >> Klik Preferensi Penelusuran >> Aktifkan robots.txt khusus dengan cara klik menu Edit >> Klik Ya >> Copas kode di bawah ini >> Simpan perubahan.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Allow: /
User-agent: Bingbot
Disallow: /search
Allow: /
User-agent: Msnbot
Disallow: /search
Allow: /
User-agent: Yahoo! Slurp
Disallow: /search
Allow: /
User-agent: Baiduspider
Disallow: /search
Allow: /
User-agent: YandexBot
Disallow: /search
Allow: /
User-agent: *
Disallow: /
Sitemap: http://www.kontakmedia.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

URL berwarna merah silahkan disesuaikan dengan blog masing-masing. Selanjutnya andapun bisa menambahkan bot yang lain sesuai kebutuhan Altalavista mungkin bisa menjadi alternatif untuk ditambahkan.

Cara setting robots.txt seperti ini pada dasarnya adalah untuk membuka pintu seluas-luasnya bagi mesin pencari sekaligus menutup pintu serapat-rapatnya dari Jingling dkk. Script ini tidak akan seketika bekerja, butuh waktu bisa sampai seminggu. Mungkin termasuk apes bila script tersebut belum sempat bekerja tapi serangan Jingling datang. Pengalaman penulis sendiri, script tersebut aktif setelah 6 jam pada satu blog, dan 24 jam pada blog lain. Katanya sih yang tiga hari bahkan seminggu baru aktif juga ada. Tapi pengalaman penulis tidak sampai selama itu.

Agan dan aganita, maaf ya saya tidak bisa menyertakan screen shot pada tutorial ini meskipun sebenarnya sangat mudah dilaksanakan secara teknis. Saya tidak berani menggunakn screen shot atau hasil tangkapan layar dari Google dan kawan-kawannya karena lasan kebijakan. Kebijakan siapa? Ya kebijakan Google tentunya.

Penggunaan screen shot-screen shot dari Google dan mitranya bisa digunakan bila atas ijin mereka. Mengurus ijinnya ini yang repot. :-)

Update : Cara inpun bisa pula digunakan untuk upaya pencegahan terhadap bom klik Google Adsense.

Demikianlah artikel singkat tentang cara mencegah serangan Jingling auto visitor.

Selanjutnya : Cara Ampuh lainnya Mencegah Jingling Trafic Boot

IKLAN INI BUKAN BAGIAN DARI ARTIKEL

No comments: