Rabu, 13 Januari 2016

Cara Meningkatkan Kecepatan Web atau Blog Minimal 200%


Artikel saya ini bisa jadi merupakan awal dari tulisan berseri tentang teknik optimasi blog yang umum dilakukan. Kemudian terkait dengan blog yang optimal itu seperti apa, gambarannya adalah seperti ini :

Blog telah terindeks oleh mesin pencari,
Saat dibuka responnya cepat,
Tampilannya rapi dan menarik,
Memiliki artikel orisinil (bukan hasil copas ilegal),
Kontennya rutin terupdate,
Memiliki trafik organik yang tinggi,

Di antara enam parameter tersebut, jika blog saya sendiri yang dinilai, maka hasilnya kira-kira :

Blog telah terindeks oleh mesin pencari : Ok.
Saat dibuka responnya cepat : Ok sekali.
Tampilannya rapi dan menarik : Relatif, tergantung selera,
Memiliki artikel orisinil (bukan hasil copas ilegal) : Ok.
Kontennya rutin terupdate : Ok.
Memiliki trafik organik yang tinggi : Belum tercapai, masih sangat jauh.

Jadi intinya sih blog saya ini belum memiliki prestasi apa-apa, terutama yang berkaitan dengan poin (6). Adapun untuk poin (2) Alhamdulillah telah tercapai. Dan pencapaian ini yang akan saya bagikan untuk anda. Siapa tahu bermanfaat.

Di dalam berbagi, saya tidak ingin tipu-tipu, artinya materi yang saya bagikan adalah sesuatu yang telah saya praktekkan dan berhasil. Dengan demikian bisa dipertanggungjawabkan baik secara moral maupun teknikal. Terkait dengan ini maka yang pertamakali ingin saya sodorkan adalah bukti pencapaiannya.

Dari data-data tersebut, hanya dari sisi speed yang menonjol dan saya sendiri puas. Dan untuk mengukur serta mengkustomasi kecepatan loading blog ini saya telah menggunakan tiga macam tools yaitu : GTMetrix, Google Page Insight, dan Alexa Toolbar.

Tentang Cara Meningkatkan Kecepatan Blog Minimal 200% itu kiat-kiatnya sederhana saja dan tidak perlu over setting. Terlebih bila harus sampai perfecsionist. Kiat-kiat tersebut adalah :

Jangan terlalu banyak menggunakan javascript atau jquery external.

Bila javascript atau jquery yang anda pasang lebih bertujuan untuk asesoris, maka sebaiknya dibuang saja. Dan yang tidak terhindarkan mungkin adalah ketika memasang iklan.

Gunakan versi async atau defer untuk external javascript. Untuk lebih jelasnya silahkan membaca artikel saya yang berjudul Mengoptimalkan Javascript dan CSS.

Juga artikel yang berjudul Cara Mempercepat Loading Facebook Page.

Gunakan Huruf Yang Umum Terinstal pada PC

Tentang hal ini secara rinci telah dibahas pada artikel saya yang berjudul Penggunaan Font.

Optimalkan Gambar

Silahkan membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengurangi ukuran gambar.

Bila tiga parameter di atas telah anda terapkan sebaik-baiknya, maka peningkatan kecepatan hingga minimal 2x lipat atau 200% akan bisa tercapai.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Cara Meningkatkan Kecepatan Web atau Blog Minimal 200%, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.