Jumat, 23 Agustus 2019

Adis Busana Cilegon Tumbuh Bersama PKBL Krakatau Steel

Adis Busana Cilegon Tumbuh Bersama PKBL Krakatau Steel - Meskipun di Cilegon telah banyak berdiri pusat perbelanjaan ternama, tetapi gerai-gerai UMKM yang berada cukup jauh dari pusat kota tetap mendapat tempat di hati masyarakat, salah-satunya adalah Adis Busana. Gerai yang satu ini merupakan salah-satu mitra binaan PKBL Krakatau Steel.


Untuk ukuran UMKM, Adis Busana termasuk layak untuk dijadikan calon mitra unggulan. Beberapa hal seperti kelancaran menunaikan angsuran, terjaganya stok barang, kegigihan berusaha, adaptatif terhadap tren dan melek teknologi mereka miliki.

Menggali pengalaman Adis Busana hasilnya adalah informasi yang sebenarnya sangat klasik. Mereka memulai usaha secara kecil-kecilan tapi dilakoni dengan sabar, kemudian fase selanjutnya mereka mendapat loyalitas dari para pembelinya, lalu masuk pada fase usaha yang lebih permanen. Sepintas tidak ada yang istimewa sampai akhirnya kita sadar bahwa tidak semua orang memiliki persistensi seperti mereka.

Sebelum tahun 2014 adalah masa-masa dimana mereka menjalankan usaha kreditan dari rumah ke rumah. Melihat bahwa usaha tersebut bisa ditingkatkan atau dikembangkan, maka dimunculkanlah brand Adis Busana. Untuk pengembangan usahanya mereka bermitra dengan PKBL PT. Krakatau Steel. Tahun 2018 mereka mendapat pinjaman modal periode ke-3 yang difokuskan untuk menambah varian komoditi. Maka dapat dikatakan bahwa Adis Busana tumbuh bersama PKBL Krakatau Steel.

Dikelola oleh Enas, Ida dan Uswatun yang notabene memiliki latar belakang pendidikan formal yang cukup tinggi, telah memberikan sentuhan akademis pada tata administrasi Adis Busana, misalnya untuk pencatatan keuangan. Di saat banyak pelaku UMKM yang lemah dari sisi pencatatan keuangan, mereka justru mampu tampil beda. Walaupun sebagian dari catatan-catatan tersebut tidak komputerais, tetapi plot-plotnya jelas.

Uswatun Hasanah, salah-seorang pengelola Adis Busana, pernah menerima Piagam Penghargaan sebagai Enterpreneur Terbaik dari LPK3I.


Mitra-mitra binaan seperti Adis Busana tentu saja bisa didayagunakan untuk membantu PKBL dalam hal membina para mitra yang lain. Bentuk-bentuk pelatihan terapan, seperti menyusun pencatatan keuangan, dapat saja dilakukan. Tentu melalui suatu mekanisme berdasarkan regulasi yang ada.


Profil Mitra Binaan

Nama Usaha : Adis Busana
Nama Mitra Binaan : Ida Nuraini
Tempat, tanggal lahir : Serang, 28/12/1987
Alamat : Link. Jangkar Kulon Rt 020/004, Kel. Tegal Ratu, Kec. Ciwandan, Cilegon
No. Ponsel : 085945668292
Sektor : Perdagangan
Komoditi : Busana & Souvenir
Aset : Rp 75.000.000,-
Omset per tahun : Rp 775.000.000,-
Pinjaman : Ke-3

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Adis Busana Cilegon Tumbuh Bersama PKBL Krakatau Steel, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda