Senin, 26 Agustus 2019

Modal Nekat Mitra Binaan PKBL Krakatau Steel

Modal Nekat Mitra Binaan PKBL Krakatau Steel - Tahun 2007 adalah permulaan masa-masa sulit bagi Mujiati. Bagaimana tidak, suaminya kehilangan pekerjaan sementara urusan kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi. Maka mulailah dia melakukan upaya-upaya ekonomi. Yang paling mudah bagi dia saat itu adalah membuat makanan ringan dan mengisinya ke warung-warung sekitar.


"Situasi saat itu sangat menuntut saya untuk bergerak tanpa banyak pertimbangan, pak. Dengan modal nekat saya membuat tengteng kacang dan mengisinya ke warung-warung. Yang saya harapkan tentu saja jualan kecil-kecilan itu bisa laku", tutur Mujiati mengenang masa-masa sulitnya.

Memang, kita kembali ke kisah klasik soal persistensi usaha, sesuatu yang nampak ringan bagi yang sekedar melihat tapi tentu sangat berat bagi pelaku. Maka demikianlah, bertahun-tahun lamanya Mujiati berada dalam kesulitan ekonomi tetapi dia tidak berputus asa.

Pergaulan positif Mujiati telah membawanya pada perkenalan dengan beberapa pelaku UMKM yang sukses, di antaranya adalah dengan Sri Titin dari KSU Srikandi. Dari sinilah pengetahuan, pengalaman dan semangat Mujiati bertambah. Tekadnya semakin bulat untuk menggeluti UMKM secara serius.

Tahun 2010 Mujiati mendapat pelatihan UMKM dari Disperindag, kemudian produk-produknya dikemas dengan merk Delis Delen sekaligus mendapat sertifikasi halal dari MUI dan standar kualitas dari BPOM.

Dari KSU Srikandi Mujiati mendapat informasi tentang PKBL Krakatau Steel, maka setelah melalui serangkaian proses jadilah dia sebagai salah-seorang mitra binaan. Telah tiga kali dia mendapat pinjaman. Pinjaman pertama digunakan untuk membeli mesin pengolah keripik. Pinjaman kedua digunakan untuk membeli etalase. Kemudian pinjaman ketiga digunakan untuk menambah bahan baku.


Dengan menyandang merk Delis Delen, usaha yang digeluti oleh Mujiati sedang dalam tahap tumbuh. Insya Allah PKBL Krakatau Steel akan terus melakukan pembinaan hingga sampai pada tahap tumbuh kembang dan mandiri.

Nama Usaha : Delis Delen
Nama Mitra : Mujiati
Tempat tanggal lahir : Kediri 10/07/1968
Alamat : Link. Kapudenok Julalen Rt 003/001, Kel. Lebak Denok, Kec. Citangkil, Cilegon
No. Ponsel : 0877 7103 4456
Sektor : Industri
Komoditi : Makanan Ringan
Aset : Rp 40 juta
Omset per tahun : Rp 600 juta.
Jumlah Karyawan : 2 orang.
Pinjaman : Ke-3

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Modal Nekat Mitra Binaan PKBL Krakatau Steel, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda