Jumat, 16 Agustus 2019

Mitra Binaan Krakatau Steel Dikunjungi Kadispora Cilegon

Mitra Binaan Krakatau Steel Dikunjungi Kadispora Cilegon - Tidak berhubungan dengan kedinasan, Kadispora Cilegon yaitu Teten Hertiaman, melakukan kunjungan kepada salah-seorang mitra binaan PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk yang bergerak di komoditi budi daya bebek. Kunjungan tersebut lebih didasari oleh rasa penasaran apakah benar di Cilegon ada pembudi daya bebek yang sukses.

Kadispora Cilegon, Teten Hertiaman (kiri) saat berbincang dengan Muhit, salah-seorang mitra binaan unggulan PKBL Krakatau Steel.

Demikianlah, meskipun Cilegon memang terkenal dengan sate bebeknya tetapi belum santer berita bahwa ada pengusaha bebek yang terbilang sukses. Dan pada hari ini Teten Hertiaman telah membuktikannya.

Teten Hertiaman sedemikian antusias melakukan tanya jawab dengan Muhit, sang pemilik usaha budi daya bebek tersebut. Ia bahkan betah berlama-lama di pekandangan bebek yang aromanya tentu kurang sedap.

Kunjungan Teten memang tidak berhubungan dengan kedinasannya di Dispora, tetapi diharapkan ada sisi positif yang bisa diambil, yaitu manakala yang bersangkutan ikut mengabarkan kepada sejumlah instansi terkait di pemerintahan daerah yang berkompeten mengurusi UMKM dan atau pembudidayaan.

Perbincangan yang mengalir lancar antara Tim PKBL Krakatau Steel, Kadispora Cilegon dan Muhit telah menumbuhkan semangat baru agar di Cilegon khususnya tumbuh Muhit-Muhit yang lainnya. Hal ini relevan dengan misi PKBL yaitu mencetak mitra-mitra yang tumbuh kembang dan mandiri.

Ridwan ( Manager Comdev KS ) mendampingi Teten Hertiaman ( Kadispora Cilegon ). Tampak pada jendela tertempel stiker Mitra Binaan KS.

Muhit adalah contoh pegiat UMKM yang ulet dan tangguh. Setelah mengikuti Program Perintisan Usaha Kecil, Muhit memulai usahanya sebagai pembudidaya bebek, lingkup usahanya adalah ternak hingga produksi telur asin. Semuanya dilakukan tidak dengan mudah, Muhit mengalami jatuh-bangun. Tapi semua itu tidak menyurutkan semangatnya. Ia terus berusaha dan berusaha.

Kini Muhit berstatus sebagai Mitra Unggulan. Daging bebek hasil ternaknya, bebek Peking F1, banyak diserap oleh berbagai hotel dan restoran. Lalu telur bebek mentahnya banyak diserap pasar, di antaranya oleh para penjual martabak se-Cilegon. Kemudian satu lagi produknya adalah telur asin yang kualitasnya tidak kalah oleh Brebes.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan memiliki empat pilar yaitu Pengurangan Jumlah Penduduk Miskin, Pengurangan Jumlah Pengangguran, Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, dan Pelestarian Alam. Melalui mitra binaan seperti Muhit, diharapkan semua pilar tersebut bisa dicapai. Semuanya diawali oleh kondisi dimana mitra binaan dapat tumbuh kembang dan mandiri sebagaimana telah disebutkan di atas.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Mitra Binaan Krakatau Steel Dikunjungi Kadispora Cilegon, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda