Jumat, 06 September 2019

Madrasah itu Kini Kembali Kokoh Paska Roboh

Madrasah itu Kini Kembali Kokoh Paska Roboh - Jam 2.00 malam tanggal 23 desember 2018 masyarakat di sekitar Madrasah Diniyah Kampung Kresek dikejutkan oleh suara bangunan roboh, dan setelah dicek ternyata salah-satu kelas dari madrasah tersebutlah yang roboh, nyaris rata dengan tanah.

Kampung Kresek, Desa Mancak, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang merupakan daerah perbukitan yang lazim diterpa oleh angin kencang. Kekencangan angin sanggup merobohkan bangunan-bangunan rapuh, dan rupanya inilah yang menjadi penyebab robohnya salah-satu bangunan kelas di madrasah milik mereka. Ya, bangunan madrasah itu memang sudah rapuh.

Sebagaimana umumnya bangunan produk swadaya masyarakat, masalah pendanaan sering menjadi kendala, termasuk ketika harus melakukan renovasi atau rehabilitasi suatu bangunan. Maka setelah dilakukan musyawarah, para tokoh masyarakat di sana mengajukan proposal bantuan kepada PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk melalui salah-satu unit kerjanya, yaitu Divisi Community Development.


Tiga bulan sejak dari pengajuan proposal tersebut, melalui serangkaian proses administrasi dan kerja lapangan, madrasah itu kini kembali kokoh paska roboh. Pengerjaan yang cukup lama karena meskipun hanya satu kelas yang roboh, tapi perbaikan yang dilakukan nyaris menyeluruh termasuk mengganti rangka kayu dengan rangka baja. Total bantuan yang disalurkan adalah sebesar Rp 110 juta.

Keputusan untuk melakukan perbaikan menyeluruh diambil dengan pertimbangan bahwa pada dasarnya seluruh fisik bangunan memang sudah rapuh, dengan demikian bila hanya dilakukan perbaikan secara parsial maka kasus roboh akan terjadi secara bergantian dengan ruang kelas yang lain.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Madrasah itu Kini Kembali Kokoh Paska Roboh, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda