Rabu, 08 Juli 2020

RM. Inna Jaya, Mitra Binaan Progresif PKBL KS

RM. Inna Jaya, Mitra Binaan Progresif PKBL KS - Berlokasi di pinggir jalan raya, RM. Inna Jaya bukanlah sebuah restoran mewah melainkan rumah makan Padang biasa. Hal ini tentu sesuai dengan level usahanya yang masih termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Pemilik sekaligus pengelolanya adalah Inna Afifah, seorang ibu berusia 49 tahun. Tetapi dari tampilannya yang biasa-biasa saja tersebut, kami menangkap ada kegigihan tinggi dari sang pengelola.


Inna Afifah merintis usahanya dari nol, yakni usaha kredit barang pada awal tahun 2000. Selanjutnya di akhir tahun 2000 ada tambahan usaha yang lain yaitu jasa ekspedisi Merak - Sumatera. Inna merasa perlu untuk menambah usaha karena dari kreditan tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Semua itu dijalaninya dengan tekun hingga pada tahun 2010 bisa membuka Rumah Makan Padang Inna Jaya.

Tahun 2018 Inna menjadi mitra binaan PKBL PT. Krakatau Steel, dia mendapat pinjaman modal sebesar Rp 30 juta. Dengan modal tersebut kembali dia mengembangkan usahanya yakni dengan Ayam Geprek. Kiosnya berlokasi di Krakatau Junction Cilegon. Usaha Ayam Gepreknya lancar sebelum tiba pandemi Covid-19.


Tidak menyerah dengan keadaan, Inna memindahkan usahanya dari Krakatau Junction ke samping RM. Inna Jaya. Hal ini menjadikan kedua tempat usahanya tersebut berdampingan.

Di pertengahan tahun 2020 ini Inna kembali mengajukan pinjaman ke PKBL, dia berencana untuk lebih mengembangkan usaha Ayam Gepreknya yang telah kembali pulih pada bulan Februari 2020.

"Hampir dua bulan pertama sejak pandemi Corona, kedua warung makan saya sepi pengunjung. Bahkan Ayam Geprek yang di Krakatau Junction sampai harus ditutup. Alhamdulillah ada jalan untuk memindahkan usaha Ayam Geprek tersebut berdampingan dengan warung lama. Sejak akhir Februari ini para pelanggan telah kembali berdatangan", demikian Inna menjelaskan.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul RM. Inna Jaya, Mitra Binaan Progresif PKBL KS, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.