Sabtu, 12 September 2020

Kampus Sahabat Para Kucing Liar

Kampus Sahabat Para Kucing Liar - Terletak di jalan Jenderal Sudirman Km 2 Cilegon, kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memang strategis.

Jika anda dari arah Jakarta melalui pintu tol Cilegon Barat, terus saja menuju perempatan dimana tugu Krakatau Steel berdiri. Lalu anda belok kiri ke arah Cilegon. Setelah lampu merah yang pertama, putar balik ke arah Merak. Sekitar 50 meter dari lampu merah itu, di situlah kampus Untirta. Letaknya bersebelahan dengan Pusdiklat PT. Krakatau Steel.

Bangunan kampusnya tidak semegah perguruan tinggi di kota-kota besar memang, tetapi tetap cukup representatif.

Kantin kampus terletak di seberang kanan aula, di sinilah pada hari-hari biasa kita menemukan banyak kucing. Tidak sedikit yang penampilannya bagus dan bersih. Para pelanggan kantin adalah para mahasiswa Untirta, karyawan Untirta, dan karyawan yang bekerja di area Pusdiklat PT. Krakatau Steel.

Mereka bisa disebut sebagai kucing liar karena tidak ada yang memeliharanya secara khusus. Meskipun liar tetapi umumnya jinak pada manusia.

Sebelum ada pandemi Covid-19, para kucing liar ini cukup sejahtera, karena pasokan makanan untuk mereka cukup. Pasokan tersebut berasal dari sisa-sisa makanan manusia yang beraktifitas di sekitar Untirta.

Di kampus Untirta sendiri, sebelum pandemi Covid-19, di beberapa titik ditemukan tempat makanan kucing yang selalu penuh. Dengan demikian kucing-kucing liar tersebut tidak pernah kelaparan.

Di masa pandemi Covid-19, para kucing ini memang terlantar. Mereka tidak lagi mendapat pasokan dari sisa-sisa makanan manusia, karena banyak di antara karyawan di sekitar kampus yang menjalankan WFH. Karena banyak yang WFH, maka para pengelola kantin memilih untuk tutup. Padahal kantin-kantin tersebut adalah penyumbang terbesar sisa-sisa makanan.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Kampus Sahabat Para Kucing Liar, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.