Selasa, 12 Januari 2016

Cara Memasang Breadcrumb Yang Terindeks

Sebenarnya ini topik yang sangat lawas untuk ukuran blogging. Seingat saya sejak 4 atau 5 tahun yang lalupun sudah ramai yang memosting. Dan saya termasuk yang ikut-ikutan menerapkannya. Di blog saya yang saat itu menggunakan Wordpress Self Hosting.

Ada dua jenis breadcrumb yaitu yang tidak terindeks oleh mesin pencari dan yang terindeks.

Lalu adakah manfaat yang signifikan bagi pencapaian SEO saat kita memasang breadcrumb yang terindeks oleh mesin pencari? Hmmm, sejujurnya saya masih ragu. Jawabannya bisa ya dan bisa pula tidak. Yang saya rasakan sih belum ada manfaat yang signifikan.

Tampilan breadcrumb pada blog



Tampilan breadcrumb pada SERP



Terlepas dari apakah breadcrumb yang terindeks itu bermanfaat atau tidak pada SEO, bila kita ingin memasangnya maka relatif mudah.

Di atas kode ]]></b:skin> silahkan letakkan kode ini :

.breadcrumbs{font-weight:bold;padding:0.5em 0.5em 0.5em 1em;margin-bottom:20px;margin-top:0px;font-size:0.8em;color:#5B5B5B;border-bottom:3px double #bbb;}

Kemudian cari kode  <b:includable id='main' var='top'> dan ganti dengan kode ini :


<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span></b:loop>&#187; <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable><b:includable id='main' var='top'><b:include data='posts' name='breadcrumb'/>

Untuk istilah Home bisa anda ganti dengan istilah lain, misalnya Beranda.

Demikian artikel singkat saya yang berjudul Cara Memasang Breadcrumb Yang Terindeks.







Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Cara Memasang Breadcrumb Yang Terindeks, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.