Selasa, 23 Juni 2020

Mengenal Laragon Sebagai Alternatif Xampp

   
Mengenal Laragon Sebagai Alternatif Xampp - Hingga hari ini bisa jadi Xampp masih yang terpopuler bagi para web developer yang menggunakan PHP-MiSQL atau PHP-Mariadb, lalu apakah Xampp merupakan yang terbaik? Jawabnya adalah relatif, terutama jika dibandingkan dengan Laragon, yang bisa jadi akan mampu menggantikan atau menggeser popularitas Xampp.

Ketika pertamakali saya menggunakan Laragon, terasa ada perbedaan yang signifikan dibanding Xampp, terutama dari sisi tampilan. Butuh sedikit waktu untuk penyesuaian, tetapi itu tidak lama. Begitu sudah familiar, saya mengucapkan selamat datang pada Laragon dan selamat tinggal pada Xampp. Demikianlah, dalam hal teknologi tidak ada kata setia, yang ada adalah ucapan siap beralih selama teknologi baru tersebut memang mudah diaplikasikan.

Laragon memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan XAMPP.  Di antara keunggulan tersebut ialah :

Pretty URLs
Jika Anda menggunakan Laragon, maka Anda dapat mengakses project melalui Virtual Host yang URL-nya bisa dikreasi sendiri misalnya https://system.app. URL ini sebagai pengganti https://localhost yang secara default digunakan oleh Xampp.

Portable
Salah satu keunggulan lainnya jika dibandingkan XAMPP adalah foldernya yang mampu dipindahkan tanpa perlu merusak sistem. Sebenarnya pada Xampp-pun perpindahan folder bisa dilakukan, tetapi tidak semudah pada Laragon. Karena pada Xampp perlu dilakukan sejumlah perubahan setting.

Isolated
Sistem Laragon terisolasi langsung dari sistem operasi yang Anda miliki sehingga apapun yang Anda lakukan terhadap aplikasi ini tidak akan memengaruhi komputer lokal Anda. Bahkan secara spesifik, ada isolasi dengan cara memisahkan struktur folder, pada MySQL atau platform database lainnya yang digunakan, antara folder data dengan aplikasinya. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu melakukan impor data ulang ketika mengganti-ganti versi database.

Easy Operation
Aplikasi ini juga telah mengotomatiskan banyak konfigurasi yang kompleks sehingga dapat Anda gunakan dengan sangat mudah. Anda juga dapat menambahkan versi terbaru dari PHP, Java, Go, Apache, Python, Ruby, MySQL, Mariadb, MongoDB, Nginx, PostgreSQL dan lainnya tanpa kesulitan sama sekali serta tidak akan merusak sistem yang telah ada.

Modern & Powerful
Keuntungan lain dari aplikasi ini, yaitu mempunyai arsitektur modern yang cocok untuk digunakan dalam mengembangkan aplikasi web modern, dimana Anda dapat menggunakan Apache & Nginx sekaligus.

Berbagai keunggulan di atas saya uraikan pada artikel atau tulisan tersendiri

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Mengenal Laragon Sebagai Alternatif Xampp, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda