Kamis, 18 Juni 2020

Produsen Kacang Garing Cilegon Binaan PKBL KS

Produsen Kacang Garing Cilegon Binaan PKBL KS - Ihwani, seorang pria kelahiran Serang 37 tahun yang lalu, adalah pelaku UMKM yang memroduksi kacang garing. Bahan bakunya adalah kacang tanah. Di Indonesia, ia dikenal pula sebagai kacang una, suuk (Sd.), kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, serta kacang banggala. Dalam perdagangan internasional, dalam bahasa Inggris, dikenal sebagai peanut, groundnut. Tanaman ini adalah satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Jika buah yang masih muda terkena cahaya, proses pematangan biji terganggu.

Dengan konsep manajemen sederhana ala umumnya UMKM, Ihwani terbilang sangat produktif. Memadukan lahan produksi yang tidak begitu luas, dengan karyawan sebanyak tujuh orang dan sokongan peralatan sederhana, ia mampu memroduksi dan memasarkan rata-rata 20 ton kacang garing setiap bulan. Bahan baku ia peroleh dari sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.




"Saya mengambil bahan baku dari sekitaran Jawa Barat dan Jawa Tengah, karena tidak bisa mengandalkan pasokan dari Cilegon. Maklum di sini lahan tanam sudah sangat sempit, pak", Ihwani menjelaskan kepada kami.

Selama masa pandemi Covid-19 ini usaha Ihwan mengalami penurunan drastis. Bila tadinya bisa memroduksi dan memasarkan rata-rata 20 ton per bulan, sekarang hanya 5 ton.

"Sekalipun ada penurunan produksi dan pemasaran selama masa pandemi ini, saya memilih untuk tetap bertahan. Tidak ada pengurangan karyawan", Ihwani melanjutkan penjelasannya.

Setiap hari Jum'at para karyawannya memperoleh hak libur, jam kerja setiap harinya adalah 08.00 - 16.00. Sebulan sekali mereka diajak berekreasi. 

"Belum lama ini saya mengajak para karyawan rekreasi ke Jawa Tengah. Salah-satu tempat yang kami kunjungi adalah lahan penanaman kacang tanah", tutur Ihwani.

Dalam catatan PKBL PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk, Ihwani termasuk mitra binaan dengan rapor bagus. Pinjaman ke-1 dan ke-2 angsurannya lancar sehingga berhak mendapat pinjaman ke-3 dengan klausul naik kelas.

Menekuni usaha turun-temurun sebagai produsen kacang garing telah dilakoni Ihwani sejak tahun 2000. Menurutnya, sang kakeklah yang mula-mula merintis usaha tersebut.

Hingga tulisan ini dibuat, Ihwani masuk pada kategori produsen murni. Artinya ia tidak memasarkan produknya secara retail. Produk dalam volume besar didistribusikan langsung ke pasar-pasar tradisional. Untuk selanjutnya pasar-pasar tersebutlah yang menjual ke konsumen dalam volume kecil. Jangkauan distribusinya hingga ke Tangerang.

"Pinjaman dari PKBL Krakatau Steel sangat bermanfaat bagi saya. Ke depannya saya berencana membuka lapak untuk jualan retail. Saya sedang mempersiapkan untuk pengemasan, sertifikasi dan pelabelan", kata Ihwani.

PROFIL MITRA

Nama
A. Ihwani
Jenis Kelamin
Laki-Laki
Usia
37 tahun
Alamat

Link. Kedung Baya Rt 002/004
Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber,
Cilegon 42424

Sektor Usaha
Industri
Komoditi
Kacang Garing
Kapasitas Produksi
20 ton per bulan
Nomor Kontak
087878447186
Pinjaman Ke
3

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Produsen Kacang Garing Cilegon Binaan PKBL KS, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.

Lucky Bachtiar

Seorang blogger pemula yang tidak lagi muda