Selasa, 08 September 2020

Sifat-Sifat Umum Anak Kucing

Sifat-Sifat Umum Anak Kucing - Kucing adalah salah-satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia dengan tujuan :

  1. Semata-mata untuk hobi atau kesenangan
  2. Untuk bisnis, misalnya jual beli kucing
  3. Untuk hobi sekaligus bisnis

Untuk poin (2) sebenarnya agak langka, karena kucing berbeda dengan hewan-hewan konsumsi seperti ayam, kambing, bebek, sapi dsb. Dengan kata lain, sangat langka mereka yang berbisnis jual-beli kucing bila tidak sedikitpun memiliki hobi atas mereka.

Secara umum kucing-kucing yang diperjual-belikan adalah yang non-lokal, karena untuk kucing lokal tanpa membelipun sangat mudah diperoleh.

Kucing memiliki perkembangbiakan yang masif, berbeda dengan harimau. Mereka adalah hewan yang sangat dekat dengan manusia. Diperkirakan bahwa kucing telah berbaur dengan manusia sejak 6000 tahun SM (Sebelum Masehi). Menurut catatan, masyarakat Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen mereka.

Kucing merupakan hewan mamalia, yaitu hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Masa kehamilan (Gestasi) pada kucing berlangsung selama 63 hari. Kucing dapat melahirkan 2 ekor anak atau lebih sekali melahirkan.

Sifat-Sifat Umum Anak Kucing

Seperti juga manusia, kucing memiliki dua kelompok sifat yaitu yang umum dan yang personal. Beberapa sifat umum anak kucing adalah :

1. Senang Bermain dan Bercanda

Dalam bahasa Sunda dikenal istilah "kumincir" untuk anak kucing. Pada fase ini mereka sangat aktif bergerak, bermain dan bercanda. Mereka berlari ke sana kemari, saling berkejaran dengan saurada-saudaranya, bercanda dalam bentuk berkelahi bohongan.

Pada anak-anak kucing yang jinak pada manusia, merekapun tidak akan sungkan mengajak kita bercanda.

2. Senang Bersosialisasi

Tentu tidak jarang kita melihat para anak kucing yang saling bertumpuk saat tidur. Atau mereka berbaring saling berdampaingan dengan saudara-saudaranya jika lelah bermain.

3. Keingintahuannya Besar

Anak-anak kucing juga memiliki rasa ingin tahu yang besar, di antaranya mereka senang mengeksplorasi tempat. Bila fisik mereka sudah cukup kuat, mereka akan memanjat ke tempat manapun yang terjangkau. Tangan-tangan mereka akan usil untuk menyentuh bahkan memainkan apapun. Terutama yang nampak menarik di mata mereka.

4. Senang Bersaing

Meskipun senang bersosialisasi, tapi secara umum anak-anak kucing juga senang bersaing atau memperebutkan sesuatu. Hal ini nampak ketika mereka menyusu pada induknya.

5. Manja

Kepada manusia anak kucing bisa sangat manja. Ketika tidur mereka senang bila tubuhnya bersentuhan dengan manusia. Hal ini bukan semata-mata karena mereka merasa hangat tapi lebih dari itu mereka merasa aman dan nyaman.

Demikianlah artikel dari Kontakmedia yang berjudul Sifat-Sifat Umum Anak Kucing, semoga bermanfaat. Dan terima kasih untuk Anda yang telah berkunjung ke blog ini.